Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Terkena Imbas Internal Eksternal, Inflasi di Bulan Maret Naik 3,05%


MAGETAN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Hal tersebut terungkap saat dilaksanakannya rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah tahun 2024 yang dilaksanakan secara virtual. Untuk Kabupaten Magetan, rapat digelar di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha pada Senin (29/4/2024) lalu.


Dalam rapat tersebut Mendagri Tito Karnavian menyampaikan perkembangan inflasi untuk Bulan Februari –  Maret 2024. Terdapat kenaikan, yang semula di Bulan Februari sebesar 2,75%, pada bulan Maret mengalami kenaikan menjadi sebesar 3,05%, kenaikan ini merupakan dampak dari konflik Perang Rusia – Ukraina dan Konflik Timur Tengah sebagai faktor eksternal serta moment Ramadhan dan Idul Fitri sebagai faktor internal yang berasal dari dalam negeri.


Tercatat pada bulan Maret 2024 untuk kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 1,42% , memberi andil inflasi sebesar 0,41%. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau adalah telur ayam ras, daging ayam ras, cabai rawit, bawang putih dan bawang merah.


Inflasi Maret 2024 untuk komoditas telur ayam ras, daging ayam ras, cabai rawit, bawang putih dan bawang merah menunjukkan tren kenaikan dibandingkan dengan Februari 2024. Sedangkan inflasi Maret 2024 untuk komoditas beras menunjukkan tren penurunan dibandingkan dengan Februari 2024.


Harga beras yang mulai mengalami kenaikan sejak pertengahan tahun 2022. Memasuki bulan Maret 2024, tekanan inflasinya mulai melemah, seiring dengan mulai masuknya musim panen raya di beberapa wilayah di Indonesia. Pada Maret 2024, sebanyak 33 Kab/Kota yang sudah mengalami deflasi beras yang tersebar di sebagian besar wilayah Pulau Sumatera dan Jawa. Kab/Kota lainnya yang telah memasuki panen raya bulan ini berpotensi mengalami deflasi beras pada bulan April 2024.


Mendagri menghimbau kepada seluruh kepala daerah untuk mewaspadai trend kenaikan yang terjadi dan segera untuk melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait di daerahnya masing-masing serta melakukan langkah-langkah sesuai dengan problema daerah masing-masing.


Turut mendampingi Pj. Bupati dalam acara Rapat Koordinasi tersebut adalah Asisten II Setda Kabupaten Magetan, Perwakilan dari Polres, Perwakilan Kodim 0804, Kejaksaan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bulog, Bapedda, Diskominfo serta jajaran terkait lainnya.Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Magetan. (KR-IAN/AS)

IKLAN

Recent-Post