Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Semarak Hardiknas 2024 Pj Bupati Madiun Apresiasi Para Guru Wujudkan Merdeka Belajar


MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Pemkab Madiun menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2024 di Halaman Pendopo Ronggo Djuemeno, Caruban. Kamis (2/5/2024) lalu. Upacara tersebut dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Madiun Ir. Tontro Pahlawanto dan diikuti oleh ratusan siswa se-Kabupaten Madiun.

Pj. Bupati Madiun  turut membaca amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Makarim tentang perjalanan gerakan merdeka belajar selama lima tahun terakhir. Amanat itu dibacakan demi menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi Indonesia dan memiliki profil pelajar Pancasila.



Ir. Tontro Pahlawanto memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah senantiasa memberikan dukungan penuh pada gerakan Merdeka Belajar. “Bukan hal mudah untuk mentransformasikan sebuah sistem besar karena akan merubah proses pembelajaran, namun akhirnya bisa diwujudkan, saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada para guru yang telah mendidik anak-anak kita dengan luar biasa, ” ucap Pj. Bupati Madiun.

Melalui naskah pidato yang dibacakan Pj. Bupati Ir. Tontro Pahlawanto, Menteri Nadiem menjelaskan bahwa saat memulai perjalanannya, dirinya menyadari bahwa sebuah perubahan memang membutuhkan perjuangan. Selain itu, perubahan juga menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengikuti setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

Gerakan merdeka belajar mengalami beragam tantangan, salah satunya pandemi yang berdampak dalam perubahan proses belajar mengajar. Namun kebijakan belajar tersebut untuk menjawab tantangan agar dapat mengakselerasi perubahan dan perbaikan serta kemajuan siswa di masa depan.

Pada Hardiknas tahun ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun juga menggelar serangkaian acara peringatan, salah satunya adalah Hardiknas Expo 2024.Kegiatan yang melibatkan jenjang PAUD sampai dengan SMA/SMK ini digelar di Alun – alun Reksogati Caruban pada tanggal 2 – 11 Mei 2024.



Terdapat dua bagian yang disediakan dalam expo. Bagian pertama yang terletak di dalam tenda roder adalah gelar karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) , dan termasuk juga di dalamnya pembelajaran non formal. Sedangkan yang diluar tenda merupakan expo umum selain dari satuan pendidikan yang ada di Dinas Pendidikan, yaitu stand SMA/SMK dan layanan OPD lain yang ada di pemerintahan Kabupaten Madiun. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Madiun. (KR-FEB/AS)


IKLAN

Recent-Post