Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

6 Tempat Keren di Madiun yang Membuatmu Betah di Sini

Madiun termasuk salah satu kabupaten dan kotamadya di Jawa Timur. Kalau kamu jalan-jalan ke kota yang dijuluki Kota Gadis ini, kamu juga harus tahu tempat-tempat keren disini. Karena sangat rugi banget, datang ke Madiun kalau enggak merasakan sensasi wisatanya.

Nah info berikut ini bisa jadi salah satu masukan buat kamu yang bingung ingin berwisata ke Madiun. Kalau bingung, tenang aja karena masyarakat disini ramah-ramah kok. Mereka akan senang hati membantumu jika kamu mengalami kesulitan saat berwisata. Ya udah deh langsung aja disimak semoga kamu tertarik dengan tempat-tempat keren di Madiun berikut ini.

1. Cari yang segar-segar dulu di Air Terjun Kedung Malem
Ada banyak sekali nama dari tempat wisata ini. Mulai dari air terjun seweru, air terjun serondo, air terjun selampir, sampai air terjun kedung malem. Well, apapun namanya itu enggak penting, yang terpenting adalah kita bisa menikmati keindahan wisata ini yang terletak Desa Kare, Kecamatan Kare.


sumber gambar
Disini kamu bisa merasakan kesejukan dan kerjenihan air yang berasal dari lereng Gunung Wilis. Buat kamu yang memang berniat untuk memanjakan mata dengan pemandangan yang hijau-hijau, pergi ke Air Terjun Kedung Malem adalah keputusan yang tepat.

Sayangnya untuk bisa menikmati air terjun tersebut, kita harus melalui sedikit ‘cobaan’. Kondisi sebagian jalanan disekitar obyek wisata yang belum di aspal, membuat kita harus sedikit bekerja keras untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Tapi hal ini tidak menyurutkan minat wisatawan untuk bisa menikmati keindahan alam yang tersembunyi di lereng Gunung Wilis.

2. Yuk kita bersantai sejenak di Bendungan Bening
Terletak di perbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Nganjuk, Bendungan Bening tak hanya sekedar tempat menampung air. Bendungan ini termasuk daerah aliran Sungai Brantas dan bagian dari pengelolaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan.
sumber gambar
Selain melihat luasnya bendungan air, kita juga bisa bersantai sambil memancing, atau pun melihat hewan rusa yang menjadi salah satu fasilitas di area ini. Tak hanya itu, kita juga bisa menyewa perahu kecil jika kamu ingin lebih menikmati tempat wisata ini.

Dengan harga tiket yang relatif murah, yakni hanya Rp. 7.500 per dua orang, membuat Bendungan Bening ramai dikunjungi apalagi kalau weekend. Pokoknya tempat ini cocok banget deh buat kamu yang ingin bersantai sambil melepas rasa penat karena aktifitas sehari-hari.

3. Sambil berwisata kita juga bisa belajar sejarah di Monumen Kresek
Kalau kamu tertarik dengan sejarah yang ada di daerah Madiun, mungkin berkunjung ke Monumen Kresek yang berlokasi di Desa Kresek, Kecamatan Wungu merupakan pilihan bagus. Berdiri sejak tahun 1991 silam, Monumen Kresek menyimpan banyak sekali sejarah yang bisa kamu pelajari.
sumber gambar
Di tempat ini kamu akan tahu tentang peristiwa keganasan PKI yang sempat membuat masyarakat Madiun dan sekitarnya ketakutan pada tahun 1948. Kamu juga bisa mengetahui prasasti batu yang mengukir nama-nama orang yang dibantai oleh PKI. Konon katanya, Monumen Kresek ini dulunya adalah rumah warga yang oleh PKi diubah menjadi tempat pembantaian.

4. Menyegarkan diri dengan bermain air di Dumilah Waterpark
Madiun juga enggak kalah dengan daerah-daerah lainnya tentang wisata air ‘buatan’. Dumilah Waterpark yang berada di Jalan Slamet Riyadi menjadi lokasi yang pas bagi kamu yang ingin mandi sambil bermain air. Tempatnya yang ada di pusat kota membuat para pengunjung tak kesulitan untuk menemukan Dumilah Waterpark.
sumber gambar
Kamu bisa berenang sepuasnya atau pun mencoba meluncur dari atas ketinggian yang menghujam ke kolam renang. Masih ada lagi buat kamu yang pengen belajar berenang, Dumilah Waterpark juga menyediakan les berenang loh. Disini selain bermain air, ada lagi fasilitas outbound seperti flying fox, water zone, atau pun mini game yang sudah disediakan pihak pengelola.

Dengan harga tiket masuk yang murah banget, tak heran kalau Dumilah Waterpark selalu ramai di padati pengunjung. Dumilah Waterpark buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai jam 7 malam. Dimana lagi kita bisa menemukan waterpark yang murah banget selain disini.

5. Masih belum puas main airnya? Coba deh berkunjung ke Sun City Water & Theme Park
Kalau kamu masih kepengen bermain air, kamu bisa mengunjungi Sun City Water & Theme Park yang berlokasi di kawasan Mall Sun City Madiun. Unik bangetkan, kok ada tempat wisatanya di mall. Ya iyalah, secara Madiun gitu loh.
sumber gambar
Sedikit saran aja, kalau mau datang kesini jangan terlalu siang. Sebab jika sudah siang, tempat ini ramai banget apalagi di akhir pekan dan hari libur. Tapi ada manfaatnya sih datang agak siang, airnya jadi terasa hangat karena terkena sinar matahari.

Untuk tiket masuknya sih masih tergolong murah kok. Di hari kerja (Senin – Jum’at) hanya dikenai biaya Rp. 15.000, sementara Rp. 20.000 untuk akhir pekan. Ada sedikit peraturan disini, yakni pengunjung dilarang membawa makanan dari luar. Tapi enggak usah takut kelaparan karena di dalam sudah ada kantin yang selalu menunggu kedatanganmu.

BONUS…

6. Jangan lupa untuk menikmati Nasi Pecel 99 Madiun yang menggugah selera
Sungguh rugi banget kalau kamu datang ke Madiun jika tidak mencicipi makanan khasnya. Siapa yang enggak tahu nasi pecel yang terkenal dengan sambal kacangnya. Di Madiun, warung pecel yang cukup terkenal adalah depot Nasi Pecel 99 yang berlokasi di Jalan Cokroaminoto No 99.
sumber gambar
Rumah makan yang konon sudah berdiri sejak tahun 1987 ini memang jadi idola warga yang menggilai nasi pecel. Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah makan disini kala beliau mengunjungi Madiun. Kalau sudah begitu enggak diragukan lagi bahwa Depot Nasi Pecel 99 ini memang bernilai 99.

Well, gimana tadi ulasannya? Seru kan jalan-jalan ke Kota Gadis. Semoga dengan artikel ini, kamu jadi enggak bingung lagi masalah tempat wisata di Madiun.
Sumber : http://citizen6.liputan6.com/read/2316304/6-tempat-keren-di-madiun-yang-membuatmu-betah-di-sini

IKLAN

Recent-Post