NEWS

[News][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

PEMANFAATAN TERNAK KAMBING DAN KEBUN PISANG

Oleh : Serda Aris Sukamto
Babinsa Koramil 0805/01 Ngawi Kota

SELAMAT pagi, perkenalkan nama saya Serda Aris Sukamto Babinsa Koramil 0805/01 Ngawi Kota. Kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang cara beternak kambing degan sistem kombinasi dengan pohon pisang organik. Yaitu sistem berternak kambing di padukan dengan berkebun pohon pisang yg nantinya akan di hasilkan keuntungan dari dua sisi keuntungan yaitu penjualan kambing dan penjualan buah pisang juga dari hasil buah pisang tersebut sangat baik di konsumsi untuk keluarga maupun orang lain karena hasil dari buah pisang tersebut adalah pisang organik yang pupuk nya dari kotoran kambing tersebut. 


SISTEM ternak kombinasi adalah dimana kita memelihara kambing dan menanam pohon pisang yang. Nantinya dari kotoran kambing tersebut dibuat pupuk untuk pohon pisang dan dari pohon dan daun pisang nya dibuat makan kambing sehingga akan saling terkait antara ternak kambing dan berkebun pisang

TERNAK KAMBING
Nah pada artikel ini saya akan membahas tentang cara beternak kambing yang baik. Memulai bisnis pada bidang peternakan adalah salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan banyak keuntungan. Bidang peternakan sangat banyak digemari sebagai ladang bisnis karena permintaan dari pasar dan industri kuliner saat ini sedang meningkat. Peternakan kambing merupakan salah satu lahan produksi yang dibutuhkan pasar kuliner dan industri makanan untuk menyuplai bahan makanan olahannya.
Kambing merupakan salah satu dari banyak jenis hewan ternak yang menguntungkan untuk berbisnis. Dagingnya banyak digemari oleh berbagai kalangan,bahkan dari tingkat masyarakat lokal hingga internasional. Sebenarnya beternak kambing sudah menjadi kegiatan umum yang dikerjakan oleh masyarakat, terutama masyarakat di pedesaan. Kambing merupakan salah satu hewan ternak kambing yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat pedesaan.
Apabila anda yang ingin membuka usaha peternakan kambing,maka dalam artikel ini saya akan berbagi informasi megnenai cara beternak kambing yang baik agar cepat untung dan sukses, tentunya.

MENGENAL KAMBING
Ada berbagai macam jenis kambing, mulai Kambing kacang, Kambing Etawa/Jamnapari, Kambing Peranakan Etawa (PE), Kambing jawa randu, Kambing boer,dan masih banyak lagi jenisnya. Biasanya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. .Makanan utamanya adalah rumput dan daun. Disini saya akan menjelaskan sekilas tentang ternak kambing terutama kambing jawa. 
1. Pembibitan Kambing
Hal pertama dalam berternak kambing jawa yang harus anda lakukan adalah
menemukan bibit dari varietas kambing jawa unggulan agar hasil ternak kambing sesuai harapan. Beberapa ciri bibit unggul kambing jawa harus memiliki persyaratan kurang lebih sebagai berikut :
a. Kambing berumur 6–8 bulan.
b. Berekor gemuk.
c. Garis pinggang dengan garis punggung harus lurus.
d. Bulu bersih.
e. Badan panjang, utamakan jantan
f. Sehat, tidak cacat, tidak buta, hidung dan anus bersih.


2. Membangun Kandang

Dalam membangun kandang, usahakan kandang yang nyaman untuk kambing agar memudahkan anda dalam merawat dan mengawasinya. Kandang yang bagus adalah kandang tipe panggung (modern). Kelebihan dari tipe ini adalah memudahkan anda dalam memberi pakan, membersihkan kotoran, megawasi dan lainnya.
Berikut tips dalam membangun kandang :
- Jarak dari rumah minimal 10 m.
- Kokoh.
- Usahakan mendapatkan sinar matahari dan jauh dari rumah warga.
- Tidak lembab dan mudah dibersihkan.
- Sirkulasi udara dalam kandangdan kandang pejantan disendirikan (kecuali jika mau dikawinkan).
- Sebaiknya menggunakan kandang panggung dengan tinggi 0.5 m.


3. Pemberian Pakan
Pakan utama kambing adalah hijauan dengan kebutuhan sehari 5–7 kg per ekor. Sedangkan untuk menambah laju pertumbuhan dan penggemukan, anda memerlukan pakan tambahan yang berupa konsentrat. Untuk takarannya sehari tiap kambing membutuhkan pakan tambahan sebanyak 0,5 kg dengan dicampur dedak atau bekatul.
DI SINI saya akan menjelaskan sesuai dengan tema kita adalah Ternak kombinasi dengan kebun pisang. Daun pisang tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat kecuali sebagai pembungkus makanan. Itulah mengapa ketika musim panen pisang datang, banyak dedaunan pisang yang dibuang dan menjadi limbah. Padahal daun ini sangat baik untuk dijadikan pakan kambing. Dalam daun pisang, terkandung 10,97% protein kasar, 4,02% lemak kasar dan 28,90% serat kasar. Komposisi inilah yang menjadikan daun pisang sangat ideal untuk pakan ternak Kambing. Selain daun pisang bonggol/pohon pisangnya bisa dibuat bahan pakan juga dengan cara Fermentasi gedebog pisang.  Pakan kambing diberikan sebanyak 2 kali sehari, yakni pagi dan sore. Konsentrat sebaiknya diberikan sebelum pakan hijauan. Jangan lupa untuk memberikan komboran pada kambing yaitu berupa bekatul di campur air, pemberiannya pada sore hari. Serta vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dan mengurangi bau kotorannya.


4. Perawatan
Untuk mendukung pertumbuhan kambing yang baik, maka kalian harus melakukan perawatan kandang tempat kambing dipelihara, seperti membersihkan kotoran dan sisa makanannya. Minimal 2 kali seminggu.dan sesekali kambing di keluarkan. Perawatan pisang tidak terlalu sulit. Sebelum berbuah anak pisang harus diatur yakni maksimal tiga anak pisang dalam satu induk. Pohon pisang dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang dan dalam waktu tiga bulan. Untuk budiadaya, awal musim tanam kami harus menyiapkan bibit. Rumpun dipupuk satu tahun 3 kali lalu keluar anak. Sedangkan pupuk kandang yang kami pakai adalah limbah kambing dari ternak kambing kami sendiri. Proses pembuatan pupuk dengan kotoran kambing terbilang sangat sederhana mulai dari pengeringan, pencampuran tanah dan daun daun dari sisa pakan kambing lalu didiamkan kurang lebih 3 minggu sampai 1 bulan. Setelah didiamkan pupuk siap diaplikasikan ke tanaman pisang.


DEMIKIANLAH sekilas tentang ternak kambing kombinasi dengan kebun pisang. Dengan ternak system kombinasi ini kita mendapat dua keuntungan penghasilan, pertama panen Kambing yang kedua panen Pisang, pisang yang dihasilkan pun adalah pisang organic jadi lebih sehat untuk kita konsumsi. Kembali ke Oraganik untuk Hidup Lebih Baik. (*)

SPONSOR