[Pemerintahan][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

Sejarah Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan pinus merupakan contoh ekosistem taiga, yang memiliki daun jarum. Hutan pinus yang ada di Indonesia tepatnya di bawah kaki gunung wilis, yang ada di Kabupaten Madiun merupakan milik Perhutani. Hutan pinus nongko ijo berada di lereng gunung wilis tepatnya di Dusun Mbonromo, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur. 
Kawasan Hutan pinus ini terletak di Hutan Lindung di petak 28 RPH (Resort Pengelolaan Hutan). Pohon Pinus ditanam mulai tahun 1981. Menurut pengelola hutan pinus, sejarah awal mula dinamakan "Nongko Ijo" berawal dari cerita dahulu pada awal ditanam pohon pinus terdapat pohon nongko hijau yang sangat besar yang tumbuh disekitar hutan. Hutan Pinus Nongko Ijo dikenal di masyarakat luas semenjak ada salah satu media masa (surat kabar) yang meliput keberadaan hutan pinus dengan isi berita menyebutkan nama hutan pinus nongko ijo. Hingga sekarang masyarakat mengenal hutan pinus tersebut dengan nama nongko ijo. 
Pemandangan di bawah lokasi hutan pinus ini terlihat tampak dua mata air sungai yang bertemu menjadi satu sungai (tempuran) antara sungai juweh dan sungai catur. Selain itu terdapat bendungan peninggalan dari Belanda. Dimana mata air sungai atau bendungan tersebut merupakan sumber penghidupan masyarakat sekitar hutan.

Hutan pinus nongko ijo sekarang ini dapat dijadikan sebagai objek wisata karena ide kreatif para pemuda dan kerjasama dengan pengelola hutan pinus kare (Perhutani), sehingga sekarang ini terbentuklah wahana wisata hutan pinus nongko ijo. Objek Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo baru beroperasi sekitar bulan Juni Tahun 2016, dimana pengelolaannya masih seadanya. Bulan November ini sudah mulai ditata kembali dari segi kebersihan, fasilitas dan perijinannya.

Adapun beberapa potensi hutan pinus nongko ijo antara lain adalah:
  1. Sebagai tempat wisata. 
  2. Memberikan suatu pembelajaran yang berharga. 
  3. Meningkatkan kecintaan terhadap alam. 
  4. Sebagai tempat untuk menenangkan diri.
Berikut ini adalah sebagian gambar suasana objek wisata hutan pinus nongko ijo :
Gambar 1. Pintu Masuk Objek Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo
Gambar 2. Suasana di dalam Objek Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo
Gambar 3. Hutan Pinus tampak dari dekat
Gambar 4. Tampak Atas Pohon Pinus di foto dari bawah