Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Hindari Korupsi dan Kolusi, LPSE Ponorogo Adakan Bimtek Aplikasi SPSE versi 4.3 dan SIKaP untuk ASN


PONOROGO (KR) – Bertempat di Aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Ponorogo telah berlangsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SPSE versi 4.3 dan SIKaP untuk para pejabat pembuat komitmen, pejabat pengadaan dan pelaku usaha barang dan jasa. Bimtek ini di selenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Ponorogo pada Rabu dan Kamis (10-11/4).

Aplikasi SPSE salah satunya bertujuan untuk menekan adanya tatap muka antarpihak yang berkepentingan. Sehingga dapat menghindari korupsi dan kolusi dalam pengadaan berbagai barang dan jasa.

Menurut Kasubbag Pengendalian Program dan LPSE Bagian Administrasi Pembangunan Pemkab Ponorogo Budi Darmawan di sela acara mengatakan, bimtek kali ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para pejabat yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa untuk pembangunan di Ponorogo.

“Bimtek ini kita selenggarakan karena pada 2019 ini semua pengadaan barang dan jasa sudah harus menggunakan aplikasi SPSE versi 4.3,” ujarnya.

Selain itu, bimtek ini juga menjadi pelaksanaan Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa. Perpres ini mengamanatkan bahwa untuk pengadaan berbagai barang dan jasa untuk keperluan pemerintah dan pembangunan menggunakan prinsip value for money.

 “Itu artinya untuk harga barang bukan mencari yang paling murah, tetapi harga yang wajar sesuai dengan nilai, mutu, waktu dan kualitas dari penyedia itu sendiri,” terangnya.

Harapannya, seluruh oengadaan barang dan jasa bisa menggunakan aplikasi dan dilakukan secara elektronik. Hal ini untuk menekan adanya tatap muka antara pejabat pengadaan dan penyedia jasa.

“Kalau sudah begitu, KKN bisa ditekan, tidak perlu tatap muka. Semua sudah oleh sistem,” ungkapnya.

Pada bimtek kali ini, sebanyak 100 peserta dari PPKom dan Pejabat pengadaan yang ikut serta. Sedangkan untuk hari kedua, ada sekitar 150 peserta dari pengusaha penyedia barang dan jasa yang akan mendalami aplikasi SPSE dengan seluruh update-nya.




Dilansir dari : https://ponorogo.go.id

IKLAN

Recent-Post