Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Sekjen Kemendes : Desa Wisata Di Ponorogo Darus Melek Digital


PONOROGO (KR) – Bertempat di Sendang Bulus, Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Pembukaan Bursa Inovasi Desa Cluster 1 resmi dibuka, MInggu (4/8). Selain Kecamatan Bungkal, Bursa Inovasi Desa Cluster 1 juga meliputi Kecamatan Ngrayun, Kecamatan Slahung, Kecamatan Balong, dan Kecamatan Jambon. Bursa inovasi desa ini dibuka langsung oleh Sekjen Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sekjen Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi, mengungkapkan desa wisata di Ponorogo harus melek digital, pasalnya di era 4.0 ini suatu informasi bisa kita dapat melalui digital seperti handphone.

“Mereka dalam mengenalkan wisatanya bisa menggunakan youtube atau media sosial lainnya, supaya masyarakat luar Ponorogo bisa mengetahui perkembangan desa – desa wisata yang ada di Kabupaten Ponorogo. Di Kemendes sendiri ada Kanal Desa, dan kita juga  ada akademi 4.0,” ungkapnya.

Imbuh Anwar desa-desa yang ada di Ponorogo ini harus menjadi Desa Digital (DeDi) dan Desa Wisata (DeSi), serta koordinasi yang baik dengan karang taruna untuk membuat promosi yang menarik untuk menaikkan nilai pariwisata.

“Karang Taruna harus lebih digalakan agar terwujudnya DeDi dan DeWi, karena di Ponorogo tidak ada area blankspot, semua bisa menggunakan internet,” imbuhnya

Sementara itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan  bursa inovasi desa ini diadakan untuk bertukar inovasi antara desa satu dengan desa lainnya.

“Seperti sendang bulus ini, sendang bulus ini merupakan potensi desa Pager yang luar biasa, karena satu-satu sendang yang memiliki hewan endemik yaitu bulus, dan nantinya menjadi salah satu obyek wisata andalan di Ponorogo,” ujarnya.

Dalam acara tersebut juga ada pelepasan bulus kedalam sendang oleh Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, bersama Forpimda Ponorogo.





Dilansir dari : https://ponorogo.go.id

IKLAN

Recent-Post