Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Pentingnya Kedamaian dan Keamanan *)

      TBM KRIDHARAKYAT, AMERIKA SERIKAT - Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, S.Sos dalam mengikuti Kegiatan International Visitor Leadership Program (IVLP) di Amerika Serikat, tertarik tentang sebuah cerita kedamaian dan keamanan disana. Berikut Catatan Bupati Madiun Bapak H. Ahmad Dawami atau yang akrab dipanggil Kaji Mbing, sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Madiun (Redaksi)

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, S.Sos (Kaji Mbing)
     MESKIPUN budaya dan sistem pemerintahan disana berbeda dengan di Indonesia, masyarakat tetap mengharapkan kedamaian dan keamanan dalam kehidupan dimanapun berada.
     Rasa aman adalah sesuatu yang harus diupayakan yang tidak akan datang dengan sendirinya. Dibutuhkan sebuah upaya yang tersistem dan kontinu untuk ditempuh dan harus dilakukan. Tersistem disini dimaksudkan bahwa upaya itu harus dilakukan secara bersama-sama dan ada ruh kebersamaan, yang melibatkan seluruh unsur, baik unsur di pemerintahan maupun unsur di masyarakat. Sehingga siapapun pemimpinnya, sistem ini akan tetap jalan. Kontinu disini mengandung maksud harus berkelanjutan dan berkesinambungan, dan upaya ini tidak boleh terhenti dengan alasan apapun, karena potensi konflik itu bersifat dinamis.
     Targetnya adalah “NIRKONFLIK dan NIRKEKERASAN”, maka dari itu seluruh elemen harus di dorong untuk saling menghormati, baik martabat secara kelompok maupun martabat sebagai manusia individu. Semua sepakat bahwa perbedaan itu pasti ada dan tidak bisa dihindari, akan tetapi dalam perbedaan pasti ada kesamaan yang akan dapat mengikat perbedaan tersebut menjadi suatu kebersamaan. Kesamaan bahwa kita punya tanah kelahiran yang sama, kita punya tanggung jawab yang sama dan kita sama-sama butuh kedamaian.
      Pekerjaan ini pun butuh kebersamaan, butuh lim (perekat) yang kuat.
Kita sebagai masyarakat Indonesia yang hidup di Jawa pasti kental sekali dengan tata tingkah dan bicara yang sopan. Meskipun adanya suatu perbedaan kita harus menghargai, hal itu seperti kita canangkan sebuah kampung pesilat di Kabupaten Madiun. Yang guna menjadi suri tauladan sehingga tujuan Kampung Pesilat bisa tercapai yaitu “Merajut Kerukunan, Menebar Kedamaian”.
*) Kaji Mbing, Kansas city

IKLAN

Recent-Post