.
  • Kumpulan Backlink Generator Free
  • Free Submission URL lengkap
  • Submit Blog ke Direktory free lengkap
  • Widget for Blogger
  • Artikel Blogger
  • Mobile and Download Apps
  • Get Money / Affiliate Iklan
  • Get Money / Affiliate Iklan
[Pemerintahan][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

Luar Biasa, Desa Tileng Juara I dari Tiga Kategori

TBM KRIDHARAKYAT, KABUPATEN MADIUN – Bertempat di Desa Tileng Kecamatan Dagangan, Sabtu 7 Maret 2020, diselenggarakan Festival Agro dan UMKM “Belah Durian”. Hadir pada acara ini  Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak,  Sekretaris Daerah Ir. Tontro Pahlawanto, Asisten, sejumlah Kepala OPD, dan Camat se Kabupaten Madiun.

Wabup H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak saat memberikan sambutan
(Foto : Dinas Kominfo Kab. Madiun/madiunkab.go.id)
Wabup H. Hari Wuryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa Festival Agro dan UMKM ini merupakan agenda tahunan yang digelar dalam rangka mempromosikan produk-produk unggulan Kecamatan Dagangan. Harapannya, produktivitas dari hasil agro di Kecamatan Dagangan yang sudah dikenal skala nasional dan mancanegara dapat terus meningkat. Bahkan, lanjut Wabup, pemerintah pusat telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 8 sebagai dasar pembangunan kawasan selingkar wilis. Keputusan tersebut bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan daya saing produk-produk yang ada di lereng wilis. Untuk itu Hari Wuryanto mengajak semua elemen masyarakat untuk menyambut dengan penuh semangat dan selalu berinovasi agar desa-desa di lereng wilis menjadi desa wisata dan desa mandiri, sesuai dengan visi pemerintah Kabupaten Madiun yang aman, mandiri, sejahtera dan berakhlak.

Wabup H. Hari Wuryanto, SH, M.Ak mengamati keunikan durian
wilayahnya pada saat menghadiri Festifal Agro dan UMKM
(Foto : Dinas Kominfo Kab. Madiun/madiunkab.go.id)
“Pemkab Madiun berharap agar desa yang saat ini sudah menuju desa mendiri, hendaknya bisa ditingkatkan lagi potensi yang ada. Sehingga hasil produksi agro di lereng wilis dapat meningkatkan pendapatan asli desanya sekaligus juga meningkatkan PAD Kabupaten Madiun”, tambahnya.  Pada Festival Agro dan UMKM ini pula, Wakil Bupati Madiun berkenan menanam bibit pohon durian. Sementara itu, produksi durian di Kabupaten Madiun ternyata memiliki keunikan. Yang unik dari durian Kabupaten Madiun  adalah terletak pada variasi rasa manis, pahit, dan mint dengan jenis montong, kawuk, dan durian mrica. Varian durian mrica dinilai begitu istimewa dengan kulit tipis, buah tebel, dan rasa yang sangat lezat. Penemuan buah durian terbaru tersebut merupakan hasil perkawinan silang antara durian kawuk dengan durian lokal lereng willis.

Prosesi festival belah durian di desa Tileng, Dagangan
(Foto : Dinas Kominfo Kab. Madiun/madiunkab.go.id)
Dikutip kridharakyat dari laman: madiunkab.go.id, Sabtu 7 Maret 2020 bahwa,   Festival Agro dan UMKM  “Belah Durian” yang digelar di Desa Tileng Kecamatan Dagangan berhasil menetapkan  para pemenang dengan kategori sebagai berikut: 
Kategori Olahan Durian Basah
1. Puding Lumut Durian dari Desa Jetis
2. Moren (Moci Durian) dari Desa Prambon.
3. Durigo Desa Mendak
Kategori Olahan Durian Kering
1. Leker Durian dari Desa Tileng
2. Sagu Durian dari Desa Kepet
3. Nastar Durian dari Desa Sukosari
Kategori Durian Jumbo
1. Durian Montong milik Gembos dari Dusun Culing Desa Tileng
2. Durian Montong milik Wagimun dari Dusun Gampingrejo Desa Tileng
3. Durian Montong milik Subiyanto dari Dusun Pokolimo Desa Tileng
Kategori Durian Rasa
1. Durian Bawor milik Sarno dari Desa Tileng
2. Durian Hijau milik Gembos dari Desa Tileng
3. Durian Kendil milik Slamet dari Desa Tileng. (AGM).