.
  • Kumpulan Backlink Generator Free
  • Free Submission URL lengkap
  • Submit Blog ke Direktory free lengkap
  • Widget for Blogger
  • Artikel Blogger
  • Mobile and Download Apps
  • Get Money / Affiliate Iklan
  • Get Money / Affiliate Iklan
[Pemerintahan][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

Pemkab. Ponorogo Lakukan Modernisasi Sektor Pertanian

TBM KRIDHARAKYAT, PONOROGO - Pertanian menjadi salah satu sektor yang mendapat prioritas Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Peningkatan kapasitas produksi pertanian terus didorong, salah satunya melalui modernisasi pertanian. Berbagai program modernisasi telah dilakukan dengan cara menerapkan teknologi pertanian cerdas. Peralatan pertanian modern ini untuk mendukung tingkat produktivitas para petani. 

Pemasangan alat sensor cuaca dan kondisi tanah di areal
persawahan Desa Ngabar, Kecamatan Siman, Ponorogo.
(foto : Istimewa-Pemkab Ponorogo)
KEPALA Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo drh. H. Andi Susetyo, MMA mengatakan Pemkab Ponorogo mendapatkan bantuan berupa alat sensor cuaca dan kondisi tanah dari pemerintah pusat. Alat tersebut telah dipasang di lahan pertanian warga di Desa Ngabar, Kecamatan Siman, Ponorogo.
ALAT tersebut bisa langsung terhubung ke smartphone dan bisa langsung dilihat hasil deteksinya melalui aplikasi pendukungnya. Melalui alat ini, petani bisa mengetahui kondisi cuaca seperti suhu, kelembapan, kecepatan angin, dan kondisi cuaca lainnya. Selain itu, melalui alat ini juga bisa diketahui kandungan atau unsur kimia yang ada di dalamnya.

“ALAT ini masuk dalam pengembangan modernisasi pertanian di Ponorogo. Saat ini baru terpasang di satu lokasi di Desa Ngabar,” kata H. Andi Susetyo, Sabtu 21 Maret 2020. Pemasangan alat pendeteksi ini dalam rangka smart farming untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan menekan biaya produksi. Sensor ini merupakan Internet of Things atau IoT yang benar-benar akan membantu petani dalam bercocok tanam. Dengan adanya program ini diharapkan adanya peningkatan produksi dan peningkatan pendapatan. 

SELAIN pemasangan alat sensor itu, Pemkab juga memberikan bantuan mesin pertanian berupa alat penanam padi, alat pemanen padi, hingga sumur dalam. Hal ini untuk mendukung para petani dalam meningkatkan produktivitas mereka. Pemkab Ponorogo juga memberikan bantuan berupa pupuk organik kepada para petani. Luas lahan pertanian di Ponorogo ada sekitar 34.000 hektare. Dan yang mendapatkan bantuan program pupuk seluas sekitar 22.000 hektare. “Untuk program ramah lingkungan ada pemberian bantuan pupuk organik kepada para petani,” jelas Kadis Pertanian dan Peternakan Kab. Ponorogo. (SOLOPOS/MIL).