Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Menggapai Ilmu dalam Kehidupan

Oleh : 

Dyna Falsafy, S.Pd

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang begitupesat dan terasa tak terbendung ini, marilah kita gunakan dengan sebaik-baiknya untuk membuat lompatan-lompatan dalam langkah kehidupan ini,  guna meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, agar ketakwaan kita ini, minimal seiring dengan perkembangan -ilmu pengetahuan dan teknologi modern, dan akan lebih bagus lagi, jika bisa berada di depannya, sehingga kita tidak tergilas dan digilas oleh kemajuan zaman. Dan salah satu indikatornya adalah:


 

Memiliki jiwa dan semangat yang tinggi,
Dalam “Menggapai Ilmu dalam Kehidupan”ini.


Cendikiawan dunia yang mengadakan penemuan di antaranya adalah:

  • Karl Benz dari Jerman,  Menemukan Mobil dengan bahan bakar bensin.
  • Orville Wright dan Wilbur Wright dari Amerika. “Menemukan Pesawat Terbang
  • Coulomb, Faraday, dan Thomas Alva Edison: Menemukan listrik Yg dari energi listrik ini bisa berubah menjadi berbagai macam  energi lain seperti: eskalator, soud system, AC,dll.


Ketika Zaman Nabi Muhammad SAW, menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki, atau naik unta, adalah hal yang biasa, karena sarana transportasi yang ada barulah unta. Namun sekarang kita bisa menyaksikan, bahkan mengalami sendiri, untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci, begitu seseorang masuk ke Bandara Juanda, Surabaya, misalnya, koper tidak harus ditenteng pakai tangan, tapi cukup dengan eskalator, ke lantai dua, dan seterusnya, tidak harus naik tangga, tapi cukup dengan menggunakan lift, begitu naik pesawat menuju Madinah, dengan jarak 8.000 km, kalau dulu, naik kapal laut butuh waktu berbulan-bulan,
kini dengan pesawat terbang hanya butuh waktu 8 jam.
Demikian pula dari Madinah ke Mekah dengan jarak 458 km dulu dengan jalan kaki butuh waktu 92 jam, sekarang, dengan naik bus, cukup dengan waktu kurang dari 5 jam, Demikian juga penggunaan AC, sound system, HP, dll. sangat membantu kelancaran seseorang dalam menunaikan ibadah haji.
 
Hal ini sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam dan Islam memberikan “dorongan yang sangat kuat” terhadap perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi modern. Ilmu tidak hanya mempermudah dalam mencapai kesejahteraan hidup di dunia saja, tetapi juga mempermudah dalam upaya mencapai kebahagiaan abadi di akhirat nanti

Sebagaimana hadis Nabi berikut ini:
Barangsiapa menghendaki kebahagiaan di dunia,maka wajib atasnya mengetahui ilmunya.Dan barangsiapa menghendaki kebahagiaan akhirat, maka wajib atasnya mengetahui ilmunya,dan barangsiapa menghendaki kebahagiaan dunia akhirat, maka wajib atasnya mengetahui ilmu keduanya.

Oleh karena itu, Allah mewajibkan kepada hamba-Nya untuk mencari ilmu,
sebagaimana Hadis Nabi di bawah ini yang artinya:  

Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap orang Islam,
baik laki-laki maupun perempuan.



Kewajiban mencari ilmu ini, oleh Allah, diberi imbalan minimal dengan 5 imbalan yang sangat istimewa, yaitu:

  1. Mendapat pahala dari Allah SWT. Karena melaksanakan kewajiban agama,
  2. Mendapat pahala yang lebih panjang dari pada usianya
  3. Maksudnya walaupun seseorang itu telah meninggal dunia. Selama ilmunya masih bermanfaat bagi orang lain, Mak a orang tersebut dijamin oleh Allah, tetap mendapatkan kiriman pahala.
  4. Allah akan menjadikannya sebagai orang yang baik
  5. Allah akan menempatkannya pada posisi yang sangat tinggi,
  6. Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.


Dengan demikian marilah kita tingkatkan jiwa dan semangat kita dalam menggapai ilmu dalam kehidupan ini, baik ilmu pengetahuan umum, maupun ilmu pengetahuan agama.

Dan semoga usaha serta doa kita untuk mencapai kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagiaan abadi di akhirat nanti benar-benar dikabulkan oleh Allah SWT. Amin, amin, amin ya Rabbal’Alamin. (*)



IKLAN