Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Adakan Pembinaan Pesantren Ramah Lingkungan (Eco Pesantren) Kabupaten Madiun Tahun 2023

MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Muhamad Zahrowi, AP, MH mengatakan bahwa semakin banyaknya  pondok pesantren yang menerapkan gerakan pesantren ramah lingkungan (eco pesantren) maka pengelolaan lingkungan hidup di pesantren kedepan akan semakin baik. Karena itu seluruh warga pesantren diharapkan berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pngelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola lingkungan hidup pesantren yang baik. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Muhamad Zahrowi, AP, MH mengatakan hal tersebut saat hadir mewakili Pj. Sekda Kabupaten Madiun Sodik Hery Purnomo, S.Si  dalam acara "Pembinaan Pesantren Ramah Lingkungan (Eco Pesantren) Kabupaten Madiun Tahun 2023" yang berlangsung di RM Utama, Jln. Raya Madiun-Surabaya Km 03Desa Kaligunting Kecamatan Mejayan  Kabupaten Madiun, Kamis (02/11/2023).




KEPALA
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Muhamad Zahrowi, AP, MH selanjutnya mengatakan  bahwa  semangat Eco Pesantren yang tumbuh di  pesantren  nantinya bias ditularkan dan menjadi pelopor bagi warga masyarakat di sekitar  pesantren  untuk turut serta dalam pengelolaan lingkungan hidup dan lebih peduli terhadap kelestariannya. “Sehingga nantinya pembangunan di wilayah Kabupaten Madiun akan terjaga dengan baik dan tentunya akan berkelanjutan,” tandas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Muhamad  Zahrowi, AP, MH




KEPALA
Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Henrika Baskara, S.Hut dalam laporannya mengatakan  bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah  selain memberikan informasi dan pemahaman kepada pesantren dalam mengembangkan pengetahuan dan pembelajaran lingkungan hidup serta upaya penghematan sumber daya alam untuk mendukung terwujudnya pesantren yang bersih, sehat dan ramah lingkungan  juga bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan partisipasi dan peran pesantren dalam upaya pengelolaan, perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. 




PEMBINAAN
Pesantren Ramah Lingkungan (Eco Pesantren) Kabupaten Madiun Tahun 2023 tersebut, menurut Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Henrika Baskara, S.Hut diikuti sejumlah 20 pesantren yang masing-masing diwakili oleh 2 orang pengurus atau total berjumlah 40 orang peserta. “Sedangkan nara sumber kami hadirkan Idham Maarif, S.Kom, MM selaku pejabat fungsional penyuluh lingkungan hidup dari Dinas Lingkungan Hidup Povinsi Jawa Timur,” tambah Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun Henrika Baskara, S.Hut. 




JUGA
hadir dan memberikan sambutan  dalam kegiatan Pembinaan Pesantren Ramah Lingkungan (Eco Pesantren) Kabupaten Madiun Tahun 2023 tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madiun H. Irfan Alkhaidari, S.Ag, M.Pd.I. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madiun H. Irfan Alkhaidari, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya antara lain menguraikan mengenai masalah syiar pengelolaan lingkungan hidup melalui khotbah Jum'at dan lan-lain serta keterlibatan pondok pesantren  dalam Undang-undang No. 18 tahun 2019 mengenai fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan. (KR-YAN/AS). 

IKLAN

Recent-Post