Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

2024 Jumlah Legislator Perempuan di DPRD Pacitan Alami Penurunan



PACITAN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Empat calon legislatif (caleg) perempuan melenggang ke DPRD Pacitan periode 2024-2049. Komposisi caleg “Kartini” yang bakal menjadi wakil rakyat hasil Pemilu 2024 ini berkurang dibanding hasil Pemilu 2019.

Pada 2019, jumlah caleg perempuan yang duduk di kursi legislatif sebanyak delapan orang. Partai Demokrat menyumbang tiga kursi. Sisanya, dua caleg perempuan dari Partai Golkar dan masing-masing satu dari PKS, PDIP dan Hanura. Kini, jumlah caleg “Kartini” yang berpeluang kuat lolos ke parlemen berkurang menjadi empat orang. Dua kursi di antaranya disumbang dari Golkar dan dua lainya dari PKS dan Demokrat. Caleg perempuan yang diperkirakan meraih kursi legislatif yakni Ririn Subandi dari PKS, Suprihati Winarcahyani dari Demokrat dan Sri Widowati serta Wuri Estyana Nasira dari Golkar.

Mereka merupakan caleg petahana yang saat ini duduk di DPRD Pacitan, kecuali Wuri Estyana Nasira yang merupakan pendatang baru. Menurut Ketua KPU Pacitan Sulis Setyorini, lolosnya para caleg “Kartini” ini merupakan bagian dari dukungan partai politik soal keterwakilan perempuan di parlemen.

Para anggota legislatif dari kaum Hawa bisa lebih memperhatikan beragam isu sentral yang erat hubungannya dengan hak-hak perempuan, termasuk pendidikan politik bagi perempuan. Misalnya, pemberdayaan perempuan, diskriminasi, maupun kekerasan berbasis gender. ‘’Mereka juga bisa merepresentasikan keterlibatan perempuan di kancah perpolitikan daerah,’’ katanya, Minggu (21/4) lalu.

Perolehan tersebut merupakan hasil sementara berdasarkan perhitungan menggunakan metode sainte lague berdasarkan form D-Hasil yang dikirim KPU Pacitan ke KPU Jawa Timur. ‘’Hasil fixed menunggu pengumuman KPU RI,’’ jelasnya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Radar Madiun. (KR-Wahyu/AS)


IKLAN

Recent-Post