Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Pantau Harga Pangan Jelang Hari Raya, Komoditas Permintaan Naik Daya Beli Masih Normal

 


MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM)  –  Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun melakukan pemantauan Harga komoditas pangan strategis di Pasar Tradisional, Toko Moderen, dan Distributor, Rabu (3/4/2024) lalu. Pemantauan dilaksanakan dalam rangka menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional, Idul Fitri 1445 H.

Dari hasil pantauan di wilayah Madiun Utara dan Selatan, dalam sepekan ada beberapa komoditas yang masuk dalam kategori waspada 5 hingga 20% di atas Harga Acuan Penjualan dan harga eceran tertinggi (HAP/HET). Komoditas tersebut yakni beras premium, beras medium, bawang putih, gula konsumsi, dan minyak curah. Sementara untuk bawang merah, cabe merah keriting, cabe rawit merah, daging sapi segar, daging ayam ras, dan telur ayam ras masih dalam kategori aman. Dari presentasi tersebut, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Tjahyo Sukmono, menyatakan masih aman. Meskipun permintaan di masing-masing komoditas naik, namun daya beli masyarakat menjelang hari raya masih normal.



Selanjutnya Tjahyo Sukmono menyampaikan, “Kami berharap masyarakat tidak perlu panik atau membeli kebutuhan dengan jumlah yang berlebihan. Pemerintah Daerah terus melakukan pemantauan dan rapat rutin seminggu sekali yang di pimpin oleh Pj. Bupati Madiun, untuk melakukan evaluasi dan mencarikan solusi jika ada kendala," pungkasnya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten  Madiun. (KR-FEB/AS)




IKLAN

Recent-Post