Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Pj Bupati Nganjuk Hadiri Panen Jagung Bersama Kodam V/Brawijaya di Kecamatan Wilangan



NGANJUK (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menghadiri kegiatan panen jagung bersama Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Kodam V/Brawijaya, Brigjen TNI Ramli, di Lahan Hutan Desa Sudimoroharjo, Kecamatan Wilangan pada Jumat (19/4/2024) lalu. Kegiatan panen jagung ini dalam rangka TNI AD mewujudkan program pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan nasional. Melalui tanam jagung diharapkan surplus pangan dapat tercapai di seluruh wilayah. 



Sri Handoko Taruna, menyambut gembira panen jagung TNI AD. Pihaknya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kodam V/Brawijaya dalam rangka perkuat ketahanan pangan. Termasuk, kerjasama dan sinergi dalam arah pembangunan, terang Sri Handoko, sudah banyak dilakukan dan sukses bersama jajaran TNI. “Kami menyambut gembira acara hari ini dalam rangka penguatan ketahanan pangan, termasuk kerjasama dan  sinergi dengan jajaran TNI dalam hal ini Kodam V Brawijaya, Korem dan Kodim Nganjuk,” ucapnya sembari menyebut di tahun 2023 program TNI di Kabupaten Nganjuk, pompanisasi dan pipanisasi untuk menghadapi bahaya El-Nino (kekeringan) sangat membantu.



Selanjutnya, dalam laporannya, Sri Handoko memaparkan tentang produksi tanaman jagung di Kabupaten Nganjuk. Menurutnya, setiap tahun produksi jagung di Kota Bayu mengalami surplus. Di Kabupaten Nganjuk setiap tahunnya produksi jagung kurang lebih 199.812 ton per tahun, dari luas areal 28.019 hektar. 


tambah Sri Handoko, juga memiliki potensi peternakan. Yang membutuhkan pakan dari tanaman jagung kurang lebih 27.754 ton. “Sehingga kami melihat setiap peluang dan potensi seperti acara hari ini memang bagus untuk kita lakukan. Karena jagung ini juga mendukung mensupport pelaksanaan dalam peternakan yang lebih baik, ini sumber utamanya untuk pakan peternakan. Oleh karenanya kami bersyukur ada sinergi dan kami melihat juga ada langkah-langkah yang luar biasa,” pungkasnya.


Sementara itu, Ramli, mewakili Pangdam V/Brawijaya menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan pendampingan mulai dari awal tanam sampai panen raya. “Panen raya yang kita lakukan hari ini berada pada luas lahan sekitar 90 hektar,” tuturnya.




Sementara untuk varietas jagung yang ditanam, diungkapkan Ramli adalah Bisi 18. Selama kegiatan penanaman juga dilakukan berbagai inovasi dan kreasi untuk meningkatkan hasil panen yang baik. “Dengan kegiatan ini saya berharap apa yang telah dilakukan dapat menjadi contoh bagi kelompok-kelompok tani lainnya di  Kabupaten Nganjuk dan Jawa Timur. Saya yakin dan percaya, dengan kesungguhan dan pemanfaatan teknologi tepat guna, akan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian untuk memperkuat stok jagung di Jawa Timur dalam rangka peningkatan ketahanan pangan nasional,” bebernya.


Sebagai informasi kegiatan panen jagung bersama Kodam V/Brawijaya juga dihadiri oleh Kasrem 081/Dhirotsaha Jaya Madiun, Dandim 0810/Nganjuk, Forkopimda Nganjuk, Kepala Dinas Pertanian Nganjuk, Kepala DKPP Nganjuk, Camat Wilangan, Kepala Desa Sudimoroharjo.Hadir juga Kepala Perum Perhutani KPH Saradan, Ketua LMDH, serta undangan terkait. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk. (KR-WAHYU/AS)




IKLAN

Recent-Post