GO PUBLIK

[Pemerintahan][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

KABUPATEN MADIUN RAIH PENGHARGAAN ANUGRAH PARAHITA EKAPRAYA

MADIUN (KR) Bertempat di Istana Wakil Presiden RI Pemerintah Kabupaten Madiun menerima Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018. Rabu 19/12/2018.

Kabupaten Madiun Masuk dalam kategori Madya atas penghargaan Parahita Ekapraya ini, dan Penghargaan ini di terima oleh Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise.

Adapun tahapan dalam penilaian ini dilaksanakan selama 2 tahun yaitu pada awal 2017 s/d 2018, dan diakhir penghujung pada waktu yang lalu telah dilaksanakan langsung evaluasi dan sinkronisasi Program Kegiatan Organisasi Perangkat Daerah dalam Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di kabupaten madiun dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Ungkap Ka. Dinas PPKB PPA, Dra. Siti Zubaidah

Harapan Wakil Bupati Kab. Madiun terkait penerimaan penghargaan ini, bahwa perhatian Pemerintah Kabupaten Madiun terhadap peranan kesetaraan gander sudah kita wujudkan. Dengan menerima penghargaan ini salah satu bahwa Kabupaten Madiun sudah ada kesetaraan. Salah satunya beberapa pimpinan OPD sudah di pimpin oleh perempuan dan juga ada beberapa memimpin kegiatan-kegiatan yang sudah kita serahkan kepada perempuan. Kedepan kita tidak akan membedakan antara perempuan dan laki-laki, ini wujud kepedulian pemerintah kabupaten madiun terhadap peranan perempuan dalam kegiatan-kegiatan di kabupaten madiun.

Sementara itu, Menteri PPPA, Yohana Yembise menjelaskan penghargaan APE merupakan sebuah bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya serta berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Sejak 2004, Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Pemberian penghargaan APE terdiri dalam 4 (empat) kategori, yakni kategori Pratama, diberikan kepada 2 Provinsi, dan 44 Kabupaten/Kota; kategori Madya, diberikan kepada 1 Kementerian, 8 Provinsi, dan 75 Kabupaten/Kota; kategori Utama, diberikan kepada 1 Kementerian, 8 Provinsi, dan 36 Kabupaten/Kota; serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 6 Kementerian/Lembaga, 4 Provinsi dan 4 Kabupaten/Kota.

Melalui pemberian penghagaan APE ini diharapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. “Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia. Harapan kami semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas,” tutup Menteri Yohana. (HMS/JOHAR)

Find Us On Facebook

Games