Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Kekurangan Air, Desa Dayakan Terima Kiriman Air Bersih Dari BPBD


PONOROGO (KR) –Di musim kemarau seperti ini, Kekurangan air bersih sering terjadi di Kabupaten Ponorogo, salah satunya terjadi beberapa waktu terakir di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan. Tak tinggal diam setelah mendapatkan informasi  tersebut Pemkab Ponorogo Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera mengirim air bersih untuk Desa Dayakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ponorogo Setyo Budiono, Rabu (31/7) mengatakan, dropping ke Desa Dayakan ini dilakukan setelah ada permintaan dari kepala desa setempat. “Pak Kades sudah meminta langsung ke kita dan kita respons dengan pengiriman langsung pada hari ini,” ungkap Budi, sapaan akrab Setyo Budiono.

Dropping ke Desa Dayakan ini memang agar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu dilakukan pada Juni atau Juli. “Kali ini bisa agak panjang ketersediaan air bersih di daerah tersebut. Dan, kekurangan baru terjadi di Juli akhir menginjak Agustus ini. Di 2019 ini sudah ada pembangunan sumur. Sudah jadi (sumurnya) dan mengeluarkan air meski belum besar sumbernya. Rencananya akan ada lima sumur tapi baru jadi tiga buah,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun, dropping air dengan menggunakan tangki berkapasitas 5.000 liter dilakukan di tandon RT3/RW 3 Dusun Kliyur, Desa Badegan. Tandon ini paling dekat dengan rumah warga bernama Mbah Mangun Semi.

Ditambahkannya, saat ini BPBD telah memetakan daerah rawan kekeringan dan kekurangan air bersih. Daerah tersebut meliputi 22 dusun di 10 desa yang tersebar di 10 kecamatan. “Dengan peta ini kita bisa mewaspadai dan siaga. Seperti yang terjadi di Dayakan ini,” terang Budi.

Daerah lain yang sudah dikirimi air adalah Desa Duri, Kecamatan Slahung dan Desa Pandak, Kecamatan Balong. Untuk Desa Duri sudah ada dropping air sejak Mei lalu. Sedangkan di Desa Pandak baru ada dropping pada pertengahan Juli lalu.




Dilansir dari : https://ponorogo.go.id

IKLAN

Recent-Post