.
  • Kumpulan Backlink Generator Free
  • Free Submission URL lengkap
  • Submit Blog ke Direktory free lengkap
  • Widget for Blogger
  • Artikel Blogger
  • Mobile and Download Apps
  • Get Money / Affiliate Iklan
  • Get Money / Affiliate Iklan
[Pemerintahan][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

Bangun Karakter Anak, Kegiatan Pramuka Akan Ada Di TK dan Paud


PONOROGO (KR) – Mengikuti perkembangan zaman dan melihat mental anak akhir-akhir ini, pembangunan karakter anak dinilai harus semakin dini. Dan salah satunya dengan cara menjadikan Kegiatan pramuka menjadi kegiatan yang harus dilaksanakan di sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal tersebut diungkapkan Kapusdiklatcab Pramuka Ponorogo Lukman Azis menanggapi sambutan Kakwarnas yang dibacakan Inspektur Apel Besar HUT ke-58 Pramuka di Aloon-Aloon Ponorogo, Selasa (10/9). Menurut Lukman, wacana pelaksanaan kegiatan pramuka di tingkat anak usia TK dan PAUD ini sudah ditangkap oleh para pengurus pramuka sampai ke tingkat kwarcab. Saat ini, istilah yang sedang dicoba didengungkan adalah Pramuka Pra-Siaga, merujuk pada tingkat di bawah Pramuka Siaga yang harus telah berusia 7 tahun dan paling tinggi 10 tahun.

“Wacana ini kita tanggapi sangat positif. Pramuka ini pada tujuan akhirnya adalah pendidikan karakter. Maka, setelah kita mempelajari pola kehidupan anak-anak kita yang semakin maju sehingga pramuka juga mengikuti pola itu,” kata Lukman.

Pola yang dimaksud, kata Lukman, adalah kemampuan anak-anak yang semakin tinggi dan semakin dini dalam merespons sesuatu. Utamanya respons terhadap teknologi. Contoh paling konkret adalah penggunaan telepon pintar yang ternyata saat ini sudah cukup dikuasai oleh anak bahkan yang baru berusia 3 tahun sekalipun.

Hanya saja, imbuh Lukman, untuk melaksanakan kegiatan pramuka pra-siaga pihak Kwarcab masih menunggu peraturan perundangan yang akan menjadi dasar hukum kegiatan. Sebab, Gerakan Pramuka di Indonesia bergerak dengan mendasarkan diri pada undang-undang.

“Sejauh ini undang-undang tentang pramuka (UU nomor 12/2010) belum mengatur tentang hal ini. Jadi kita masih menunggu peraturan yang ada untuk melaksanakan pramuka pra-siaga ini,” ulasnya.





Dilansir dari : https://ponorogo.go.id/