Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Peringatan HPSN Tahun 2020 Mewujudkan Kabupaten Madiun yang Bersih dan Sehat

      TBM KRIDHARAKYAT, KABUPATEN MADIUN – Baru-baru ini, di Taman Kota Caruban Asti, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Madiun, bersama TP PKK  Kabupaten Madiun menggelar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020.  “Rindang sungguh pohon mahoni, buat penghilang rasa lelah. Bertemu kita di Taman Asti, guna peringati HPSN 2020. Ibarat sumur digali dalam, hijaunya rumput bak permadani. Izinkan saya ucapkan salam, sebelum dimulai sambutan ini,” tutur Ketua TP PKK, Ny. Penta Lianawati Ahmad Dawami, SE, M.Si yang berpantun saat mengawali sambutannya.


    Tema Peringatan HPSN 2020 adalah “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera”. 
     Ketua TP PKK Kab. Madiun tersebut selanjutnya mengatakan, bahwa dalam kehidupan sehari-hari, sampah adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita, baik itu sampah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga maupun sampah dari olahan industri. Sampah juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup, dimana ketika kita membuang sampah sembarangan di ruang terbuka yang menimbulkan penumpukan sampah, tentunya akan berakibat pencemaran, baik itu tanah, air maupun udara.
     “Kegiatan HPSN Tahun 2020 yang bertema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia  Sejahtera”. Hal ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya untuk memotivasi masyarakat agar semakin baik dalam pengelolaan sampah,” jelasnya.


     Disamping itu, kata Ny. Penta, juga sebagai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah/PS. Selain itu adanya Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT) dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga/S3RT. Tentu sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi, telah dikeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (KSNPSRT) dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (S3RT) yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sampah serta mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan.
     Peringatan HPSN Tahun 2020 di Kabupaten Madiun ini bersama-sama dilaksanakan kegiatan aksi pungut sampah dan komitmen bersama di Taman Kota Caruban Asti, yang merupakan simbol. "Namun yang terpenting adalah kita semua mulai menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari rumah kita dan lingkungan tempat tinggal kita", tandasnya. 
     "Terlebih telah diraihnya Anugerah Adipura sebelas kali berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH) Republik Indonesia oleh Kabupaten Madiun yang merupakan pencapaian yang luar biasa dan membanggakan atas ikhtiar kita bersama dalam pengelolaan lingkungan perkotaan. Pemerintah Daerah dalam hal ini sebagai inisiator mengajak para aktor utama pada kegiatan HPSN 2020 yaitu masyarakat, aktivis, komunitas, aparat pemerintah, pihak swasta maupun LSM dibidang lingkungan, hingga tokoh-tokoh yang peduli pada sampah dan lingkungan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai. Atas nama pribadi dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi HPSN ini dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Peringatan ini, juga dapat dijadikan parameter bagi seluruh lapisan masyarakat untuk selalu peduli dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang,” papar Ny. Penta dalam sambutannya.  (DIMESI/IST).


IKLAN

Recent-Post