.
  • Kumpulan Backlink Generator Free
  • Free Submission URL lengkap
  • Submit Blog ke Direktory free lengkap
  • Widget for Blogger
  • Artikel Blogger
  • Mobile and Download Apps
  • Get Money / Affiliate Iklan
  • Get Money / Affiliate Iklan
[Pemerintahan][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

Tahun 2020, Desa Cermo Kelola Anggaran Rp 3 M Lebih


TBM KRIDHARAKYAT, KABUPATEN MADIUN - Perhatian pemerintah terhadap pembangunan desa semakin terlihat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat. Pembangunan di desa Cermo Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, misalnya.  Pada tahun 2020 ini, desa yang berada di lereng Gunung Wilis tersebut mendapat kepercayaan untuk mengelola anggaran sebesar  Rp. 3.211.254.800,- yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 1.353.407.000,-, Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 1.387.497.000,- Pendapatan Asli Desa (PAD) Rp. 28.426.800,- Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Rp. 420.000.000,- BHP (Bagi Hasil Pajak) Rp. 21.924.000,- BHR (Bagi Hasil Retribusi) Rp. 21.924.000,-  dan Silpa tahun anggaran 2019  sebesar Rp. 3.039.959,- .


DARI anggaran pendapatan yang dikelola tersebut, pemerintah desa merencanakan sebanyak 30 kegiatan fisik dan  25 kegiatan non fisik.  “Tentu saja, dari beberapa kegiatan yang direncanakan tersebut mengacu pada program prioritas dari usulan warga masyarakat”,  kata Kepala Desa Cermo Sukiman pada KRIDHARAKYAT. 


MENURUT Sukiman,  dana desa diprioritaskan manfaatnya untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia, serta penanggulangan kemiskinan, yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa yang sudah kami rencanakan. “Untuk pembangunan infrastruktur kami sudah merencanakan pembangunan antara lain normalisasi aspal jalan, pengaspalan jalan, drainase, rabat jalan, talut penahan tanah (TPT), pembangunan masjid, RTLH, rehab MCK, jambanisasi, pembangunan gedung kantor desa dan pembangunan  punden koripan”, jelasnya.
 

KEPALA DESA Sukiman berharap bahwa kedepan,  Dana Desa dan  ADD tetap berlanjut sehingga pembangunan di desa Cermo bisa berkelanjutan sehingga dapat terwujudnya Kabupaten Madiun yang aman, mandiri, sejahtera dan berakhlak”. (ADV/SAIFUL ARIF).