Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Berkat PISEW, Desa Sugihwaras Bisa Bangun Jalan Paving Sepanjang 335 meter, Lebar 3 Meter

KABUPATEN MADIUN (TBM KRIDHARAKYAT) - Wujud dukungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam memajukan pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) nyata dapat dirasakan warga masyarakat.   

Kepala Desa Sugihwaras EKO SUDARSONO

SALAH SATUNYA, Kementerian PUPR meluncurkan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya. Program ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemda serta memperkuat kelembagaan masyarakat khususnya di Desa Sugihwaras, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

MENURUT Kepala Desa Sugihwaras Eko Sudarsono, Pembangunan infrastruktur kerakyatan PISEW tersebut manfaatnya benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat Desa Sugihwaras apalagi dalam situasi pandemi corona. "Setidak-tidaknya, manfaat tersebut dirasakan oleh sekitar 600 jiwa dari 260 KK  yang ada di Dusun Josaren. Mereka sebagai pekerja local untuk pengerjakan jalan paving di dusun tersebut”, jelas Kepala Desa Sugihwaras Eko Sudarsono saat dihubungi KRIDHARAKYAT.COM Kamis, 6 Agustus 2020 di kantornya.

KADES SUGIHWARAS Eko Sudarsono juga mengatakan bahwa Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah Kecamatan Saradan tahun 2020 ini menggunakan anggaran kegiatan sebesar Rp. 590 Juta untuk 3 desa yaitu Desa Sugihwaras, Desa Sidorejo dan Desa Bongsopotro. “Desa Sugihwaras mengerjakan jalan paving sepanjang 335 meter, lebar 3 meter, jalan yang di bangun ini sebelumnya sudah di rabat beton biasa namun sudah hancur ”, tandas Kades Eko Sudarsono.

MENURUT Eko Sudarsono, Program PISEW tersebut dikerjakan mulai 7 Juli 2020 dengan jumlah pekerja yang terserap sebanyak 12 orang dengan upah untuk tukang Rp 90 ribu per hari sedangkan tenaga kuli Rp 70 ribu per hari. "Atas nama warga masyarakat Desa Sugihwaras khususnya kami menyampaikan terimakasih pada pemerintah atas bantuan tersebut. Semoga kedepan perhatian pemerintah kepada warga desa Sugihwaras mekin meningkat lagi", demikian Kades Sugihwaras Eko Sudarsono. (SAIFUL ARIF).

IKLAN

Recent-Post