Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

GURU TERBAIK

 


Oleh : 

Eko Nurhayati


Ketika mendengar kata guru apa yang kalian ingat?? yups betul sekali…………bagi sebagian orang ketika mendengar kata guru maka akan langsung teringat pada seseorang yang selama ini mengajari berbagai hal untuk dipelajari disekolah. Namun tahukah kamu, kalau sebenarnya yang bisa disebut guru itu bukan hanya orang yang telah mengajari kita disekolah, 


berikut ini adalah contoh “guru terbaik” dalam kehidupan yang dapat memberikan kita banyak sekali pembelajaran namun sering kita lupakan.  Siapakah itu  ???          


              
1.    Pengalaman
        Setiap orang pasti punya pengalaman yang berbeda antara  yang satu dengan yang lain, baik itu pengalaman menyenangkan ataupun menyedihkan. Jika kita mau merenungkan setiap pengalaman yang pernah kita rasakan akan memberikan pembelajaran tersendiri untuk kita. Sebagai contoh, saat kita memperoleh pengalaman yang menyenangkan, kita bisa merenungkan bagaimana cara kita mendapatkan hal tersebut, dan upaya apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan hal yang sama pada kesempatan yang berbeda.
Begitu juga saat kita mendapat pengalaman tidak menyenangkan atau kegagalan, kita bisa belajar apa yang membuat kita gagal, mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana upaya kita mengatasi  hal tersebut. Tidak selamanya pengalaman kurang menyenangkan atau kegagalan membawa efek negatif, pengalaman yang kurang menyenangkan pun bisa kita ambil sisi positifnya untuk pembelajaran.Tinggal bagaimana kita menyikapi segala sesuatunya. Pengalaman merupakan salah satu guru terbaik dalam kehidupan baik itu pengalaman yang menyenangkan ataupun menyedihkan.


2.    Perubahan
Seiring dengan perkembangan zaman banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi disekitar kita. Suka atau tidak, mau atau tidak, kita akan dituntut untuk mengikuti perubahan yang ada, walaupun tidak sedikit orang yang tidak menyukai perubahan. Memang tidak mudah untuk melakukan penyesuaian dengan segala perubahan yang terjadi
(sumber gambar:pddowload.id)                   
disekitar kita, sebagai       contoh adalah perubahan dimasa pandemi covid 19 yang kita rasakan saat ini. Segala sesuatunya mengalami perubahan yang drastis, namun tahukah kamu, ketika kita bisa melewati perubahan itu kita akan menjadi pribadi yang lebih kuat, disiplin, belajar tentang berbagai hal baru dan tak jarang melalui perubahan kita juga akan mendapatkan pengetahuan dan  teman-teman yang baru.So, tetap semangat ya…..

3.    Kehilangan
Siapa yang pernah kehilangan orang terdekat? Menyakitkan bukan, lalu bagaimana sebuah kehilangan menjadi guru terbaik? Ketika kita kehilangan sesuatu, khususnya orang terkasih,misal  ibu, ayah, suami, anak , atau saudara tentunya akan meninggalkan rasa sakit tersendiri untuk kita.Bahkan banyak orang yang sampai berbulan-bulan menarik diri dari lingkungan sosial karena mengalami trauma dan kepedihan yang mendalam atas kepergian orang yang disayanginya.Butuh proses dan waktu yang lama untuk bisa kembali bangkit. Pernahkah kalian menerungkan, secara tidak langsung, rasa kehilangan yang pernah kalian alami akan menjadikan kalian lebih bisa menghargai, menghormati dan menyayangi keberadaan orang-orang terdekat kalian saat ini. Dari si “kehilangan” kita akan mendapatkan pembelajaran bagaimana menghargai setiap kebersamaan dengan orang –orang di sekitar kita.


4.    Masa Lalu
Bung karno pernah mengatakan ”JAS MERAH”, yang artinya jangan melupakan sejarah.Nah kira kira apa hubungannya pernyataan Bung Karno dengan masa lalu sebagai guru terbaik nih?Menurut saya dari masa lalu kita bisa bercermin, hal positif atau negatif apa yang sudah kita lakukan pada masa
  tersebut, bagaimana dampaknya pada masa
 (sumber gambar:wartapilihan.com)
sekarang, dan bagaimana usaha perbaiakan yang akan kita lakukan dimasa yang akan datang. Masa lalu bagaikan koin yang memiliki 2 sisi, sisi positif dan negatif, jadi tergantung bagaimana penyikapan kita. Setiap orang pastinya punya masa lalu dimana pada masa itu tidak ditutup kemungkinan seseorang melakukan kesalahan. Dengan merefleksikan kesalahan yang pernah dilakukan pada masa lalu. Seseorang akan belajar untuk minta maaf, memaafkan dan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan dimasa datang. Begitu juga dengan sesorang yang berhasil pada masa lalunya, dapat menjadikan masa lalu sebagai guru untuk meningkatkan atau meraih kesuksesan yang sama dimasa yang akan datang.

Demikianlah sekelumit tentang “guru terbaik” yang dapat saya paparkan, semoga bisa mengilhami kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan selalu berpositif thinking, serta mensyukuri apa yang tuhan berikan pada kita.Terimakasih dan sampai jumpa
              

*) Penulis Guru BK UPT SMPN 2 Bakung, Blitar



IKLAN

Recent-Post