Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

BERCERITA DENGAN ANAK MEMUPUK DALAMNYA KASIH SAYANG



Oleh : Diah Ayu Kartikasari, S.Pd
Guru Kelompok A
TK PGRI Senepo, Ponorogo


ZAMAN sudah berubah. Anak zaman sekarang sudah tidak begitu mengenal orang tunya. Begitu juga sebaliknya, orang tua sudah tidak begitu mengenal dan memahami karakteristik anaknya. Jalinan komunikasi dan kasih sayang antara anak dan orang tua sudah mulai ada batas yang jelas walaupun tak nampak secara kasat mata. Ini semua mungkin karena faktor kemajuan teknologi yang semakin pesat sehingga komunikasi antara anak dan orang tua tidak lagi dengan mengobrol bersama secara tatap muka namun sudah tergantikan dengan vicon atau vicall melalui gadget.


ADANYA jarak dan sarana itulah membuat kasih sayang dan ikatan batin yang seharusnya tumbuh subur dengan semakin dekatnya hubungan menjadi perlahan layu dan mati. Kondisi seperti ini tentu sangat tidak diinginkan bagi orang tua. Oleh karena itu, komunikasi antara anak dan orang tua perlu dijalin dengan baik melalui bahasa sehingga anak dapat membangun hubungan yang harmonis dengan orang tua. Salah satu caranya melalui kegiatan bercerita anak kepada orang tua atau sebaliknya.


UNTUK merangsang anak bisa bercerita dengan nyaman dan luwes tentu perlu diberikan contoh terlebih dahulu oleh orang tua atau guru. Orang tua atau guru bisa menggunakan media sederhana yang mudah didapat, aman, menarik, dan mudah digunakan anak untuk bercerita. Salah satu caranya dengan membuat media bercerita anak dari kardus bekas yang berisikan tokoh-tokoh animasi sesuai dengan kesukaan anak.


TERSEDIANYA media dan sarana pendukung lain yang memotivasi anak untuk bercerita dapat merangsang perkembangan berbahasa anak menjadi lebih baik. Selain itu, pemberian perhatian yang lebih dan pujian saat anak tampil bercerita oleh guru akan membuat anak merasa dihargai. Dengan demikian, anak menjadi terbiasa untuk bercerita dengan orang tua, guru, atau temannya. Mereka akan merasa memerlukan interaksi secara langsung saat bercerita. Seiring dengan berjalannya waktu dan seringnya interaksi hubungan langsung maka akan memupuk kasih sayang yang sudah terjalin tanpa anak dan orang tua atau guru sadari.

IKLAN

Recent-Post