Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Jelang Idul Fitri 2024 Pemprov Jatim Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah

 


MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM)  –  Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menggelar gerakan pangan murah (GPM) dalam rangka pengamanan pasokan dan harga pangan menjelang Idul Fitri 2024, setelah sebelumnya GPM dilaksanakan awal Ramadan lalu. Di Kota Madiun, GPM berlangsung di halaman Stadion Wilis selama dua hari, 1-2 April 2024.

Ada sejumlah komoditas yang disediakan dalam kegiatan GPM. Yaitu beras, daging ayam ras, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula pasir, minyak goreng dan aneka sayuran segar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, Totok Sugiarto mengatakan, GPM ini bertujuan mengendalikan laju inflasi terutama pada momentum ramadan hingga lebaran. Adapun harga yang dibandrol dalam GPM ini jauh lebih murah dibanding harga di pasaran. "Yang jelas kegiatan ini untuk mengendalikan laju inflasi terutama pada momentum keagamaan dalam hal ini ramadan dan lebaran," katanya.

Seperti diketahui, dalam gerakan pangan murah itu, beras SPHP dijual Rp51.000 kemasan 5 kg, cabai rawit 1/4 kg Rp5.000, cabai besar Rp8.000 per 1/4 kg, gula pasir Rp16.000 per kg. Kemudian bawang merah Rp14.000 per 1/2 kg, dan bawang putih Rp29.000 per kg.

GPM bekerjasama dengan sejumlah instansi, seperti Bulog, Rajawali Nusindo, maupun Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Demikian sebagaimana diinformasikan oleh RRI Madiun. (KR-AGUNG/AS)




IKLAN

Recent-Post