Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Perbaikan Jalan Tuntas, Pemdes Jenggrik Alokasikan Anggaran untuk Percantik Kantor Desa



NGAWI (KORAN KRIDHARAKYAT.COM)  –   Desa Jenggrik bisa dikatakan mewakili wajah Kecamatan Kedunggalar. Itu lantaran kantor desa setempat berlokasi di tepi Jalan Raya Ngawi-Sragen. Pemdes Jenggrik berencana memoles kantor desa menjadi lebih bagus. Yakni dengan menambah taman dan gapura. Rencana ini sudah dikonsultasikan oleh Kades Jenggrik Suparni kepada Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono. ''Di tahun 2025 nanti, pembangunannya bisa dimulai," katanya.

Suparni mengaku pembangunan tersebut akan diprioritaskan pada tahun anggaran 2025. Sedangkan untuk pembangunan jalan desa sudah terlaksana dan tuntas di tahun ini. Pavingisasi di sejumlah dusun juga berjalan efektif. Karenanya, anggaran mendatang bisa digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana kantor desa setempat. ''Kalau untuk jalan, yang masih jadi PR adalah jalan kabupaten yang nantinya akan diperbaiki oleh DPUPR Ngawi," terangnya.

Pemdes Jenggrik juga sudah memiliki program ramah lingkungan berkelanjutan dengan menggandeng poktan dan gapoktan. Di antaranya dengan produksi pupuk organik. Pun pembuatannya juga telah mengacu prosedur. ''Sebelum pupuk digunakan, kami uji lab terlebih dahulu. Apabila hasilnya sudah sesuai harapan, kami akan memperbanyak produksinya,'' ungkapnya.

Sejauh ini, Suparni menyebut hasil beras dari padi organik nyatanya cenderung lebih baik dibandingkan pertanian konvensional yang menggunakan pupuk kimia. ''Berasnya tidak banyak yang pecah, lebih bagus dibandingkan beras biasa," klaimnya.

Pada ramadan ini, Desa Jenggrik mengajak masyarakat untuk guyub rukun. Dengan situasi yang kondusif, maka pelaksanaan progam pemerintahan bisa berjalan optimal. ''Mari membangun kerukunan dan keamanan di masyarakat seperti yang diharapkan bupati," kata Suparni. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Radar Madiun. (KR-YAN/AS)


IKLAN

Recent-Post