Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Saksikan Pagelaran Wayang Kulit,, Danrem: Keberagaman Budaya jadi Kekuatan Persatuan Kesatuan



MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM)  –  Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf. Sugiyono bersama forkopimda menyaksikan pagelaran wayang kulit di Yonif Para Raider 501/BY, Kota Madiun, Rabu malam (3/4/2023) lalu. Pagelaran itu menampilkan dalang Ki Putut Puji Agusseno dengan lakon Gondomono Prawiratama.

Danrem pun memberikan apresiasinya terhadap pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-63 Yonif Para Raider 501/BY. Sebagai warisan budaya, ia menilai keberadaan wayang kulit perlu untuk terus dilestarikan. "Wayang kulit bukan hanya sekedar kesenian tradisional, namun juga merupakan warisan budaya yang sarat akan nilai sejarah, kearifan lokal, dan nilai-nilai sosial yang perlu dilestarikan," kata Danrem ditemui di lokasi.

Sementara itu, Danrem menyebut, sebagai negara yang majemuk, bangsa Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman budaya. Untuk itu, ia menilai, sangat penting untuk memahami jika keberagaman budaya hendaknya dijadikan sebagai kekuatan yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, bukan sebaliknya.

Selanjutnya, Danrem menambahkan, “kita harus mampu melihat keberagaman budaya sebagai kekayaan yang menjadikan bangsa ini semakin kaya dan berwarna. Keberagaman budaya ini juga menjadi ciri khas dan indentitas bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” tegasnya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh RRI Madiun. (KR-FEB/AS)


IKLAN

Recent-Post