Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Skema Rekayasa Disiapkan Dishub Antisipasi Macet di Exit Tol Madiun Saat Mudik Lebaran

 


MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM)  –  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Madiun sudah jauh-jauh hari memetakan potensi kemacetan. Khususnya di Exit Tol Madiun yang berlokasi di Dumpil tersebut.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di pintu tol tersebut, pihak Dishub sudah menyiapkan jalur alternatif pengurai kemacetan. Sedikitnya ada tiga jalur alternatif disiapkan. "Pemberlakukannya situasional jika muncul kemacetan,’’ ungkap Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Madiun Joko Triono.

Jika terjadi penumpukan kendaraan di Exit Tol Dumpil, kendaraan dari Kota Madiun menuju exit tol atau Kabupaten Ngawi sesampainya Tiron diarahkan ke Jalan Gajah Sorengpati. Nantinya tembus di Jalan Candi. Sedangkan dari Kota Madiun menuju Caruban atau Surabaya melalui Dumpil diarahkan ke Jalan Kasatrian sesampainya Tiron. "Nantinya tembus di Bok Malang,’’ imbuhnya.

Sedangkan kendaraan dari arah Caruban atau Surabaya menuju Kota Madiun akan diarahkan ke Jalan Kebon Agung sesampainya di Balerejo. Kendaraan tersebut diarahkan menuju Stasiun Babadan dan Desa Dimong. Menurutnya, penentuan jalur alternatif tersebut berdasarkan hasil survai yang dilakukan petugas Dishub. ‘’Berkaca dari pengalaman, situasi dan kondisi jalan,’’ katanya.

Pihaknya melakukan pencegahan terjadinya kemacetan di Exit Tol Dumpil. Caranya dengan penempatan ratusan watter barrier dan traffic cone di jalur rawan macet tersebut. "Saat arus mudik dan balik nanti kami juga siagakan sekitar 50 personel untuk mengantisipasi kemacetan dengan berjaga di pos pengamanan yang tersebar di exit tol, pos Nglames, Taman Asti, dan Jiwan,’’ jelasnya. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Radar Madiun. (KR-FEB/AS)




IKLAN

Recent-Post