Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Kades Balerejo Tinjau Pembangunan TPT di Persawahan Jogo Dusun Kalibedah

MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM) - Menunjang program ketahanan pangan, Pemdes Balerejo gencar lakukan pembangunan infrastruktur.

Kali ini pihak pemdes merealisasikan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) jalan persawahan. Tujuannya penguatan jalan di area persawahan. Untuk lokasinya di persawahan Jogo Dusun Kalibedah. ''Pembangunan ini sudah direncanakan dari tahun lalu melalui musyawarah dusun (musdus) dan petani setempat,'' ujar Kades Balerejo Bambang.



Bambang menjelaskan, pembangunan TPT secara bertahap dan ada dua kali pengerjaan. Pada Maret lalu dilakukan pembangunan dengan panjang 50 meter dan tinggi 120 sentimeter. ''Untuk anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 29 juta dari Dana Desa (DD) 2024,'' terangnya.

Pembangunan kembali dilanjutkan pada Juli ini. Panjang TPT 19 meter dan tinggi 120 sentimeter. Untuk anggarannya Rp. 10 juta dari DD 2024. "Saat ini baru lima hari pengerjaan, target 10 hari selesai sampai tahap finishing,'' tambahnya.

Menurutnya hampir sebagian besar wilayah Desa Balerejo merupakan lahan persawahan aktif yang masih sangat produktif. Pembangunan infrastruktur penunjang pertanian sangat diharapkan untuk membantu serta meningkatkan perekonomian petani. ''Dengan selesainya pembangunan ini diharapkan dapat memperlancar akses warga ke persawahan. Karena pembangunan ini memiliki peran penting dalam menjaga badan jalan agar struktur tanah tidak longsor saat para petani mengangkut hasil panen," ujar kades. Demikian sebagaimana diinformasikan oleh Radar Madiun. (KR-FEB/AS)

IKLAN

Recent-Post