[Pemerintahan][bleft]

Sekilas

[Sekilas][twocolumns]

Semprong Rainbow Produk UKM Desa Purworejo


Inovasi Mahasiswa KKN Bakti Negeri UNIPMA Tahun 2019

MADIUN (KR) Purworejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Sebagian besar mata pencaharian warga desa tersebut sebagai  petani konfensional, sedangkan para ibu-ibu hanya mengrus rumah tangga. Secara geografis letak Desa Purworejo sangat strategis untuk membuat sebuah usaha. Terlebih, desa tersebut saat ini  dekat pintu tol Caruban, secara otomatis desa tersbut jadi jalur lalu lalang kendaraan-kendaraan dari luar kota.

Berbekal dari potensi tersebut, menjadi sebuah alasan kelompok KKN Bakti Negeri UNIPMA dengan Dosen Pembimbing Lapangan Wawan Kokotiasa M.Si bertekad untuk menciptakan gagasan dan inovasi untuk memajukan UKM Warga Desa Purworejo.

Nuzul, Ketua kelompok KKN Bakti Negeri UNIPMA mengatakan bahwa Salah satu usaha yang ada di Desa Purworejo adalah usaha olahan kue semprong yang dikelola oleh ibu Siti. Mahasiswa KKN UNIPMA membuat inovasi warna dan bentuk olahan kue semprong yang dinamakan Semprong Rainbow. “Jika sebelumnya hanya berwarna putih polos, dengan inovasi yang dilakukan menjadikan produk kue semprong yang berwarna warni,” katanya.

  
Lebih lanjut dikatakan, Selain warna yang menarik, Kelompok KKN Bakti Negeri Unipma yang beragotakan, Diky, Binar, Redem, Ari, Ayu, Farida, Aviana, Hana, Resza dan Utiya juga melakukan inovasi bentuk kue menjadi bentuk bunga yang cantik. “hal tersebut diharapkan dapat menarik konsumen dan membuat omset dari usaha bu Siti meningkat” tandanya

Tidak hanya warna dan bentuk, KKN Mahasiswa tersebut juga membantu pemasaran kue tersebut melalui online, khsuusnya media sosial instagram. Kedepan, harapannya agar ada inovasi dan kreasi baru dari Semprong Rainbow, baik dari segi rasa, bentuk dan yang lainnya. Selain itu, dengan adanya Semprong Rainbow dapat memotivasi dan meningkatkan semangat ibu-ibu warga desa Purworejo khususnya Dusun Krapyak untuk berwirausaha. “Sehingga nantinya bukan hanya Semprong Rainbow saja, melainkan ada kreasi dan keunikan makanan lainnya yang dapat menjadikan Desa Purworejo khususnya Dusun Krapyak semakin dikenal masyarakat diluar kota Madiun. Selain itu juga, nantinya dapat meningkatkan pendapatan warga dan serta dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat lainnya” harap Nuzul, Ketua kelompok KKN Bakti Negeri UNIPMA.(AGM)