Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Gelaran Reog Serentak Pikat Wisatawan Mancanegara



PONOROGO (KR) – Sesuai instruksi dari Bupati Ponorogo, Pagelaran reyog serentak ditiap desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Ponorogo di gelar. Selain untuk melestarikan budaya hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Ponorogo.

Salah satunya di Desa Kalimalang, Kecamatan Sukorejo menggelar pagelaran reyog obyok dan reyog festival. Seperti yang diungkapkan Riyadi, Kepala Desa Kalimalang mengungkapkan untuk pagelaran reyog serentak ini merupakan instruksi dari Bupati Ponorogo untuk mendatangkan wisatawan yang berkunjung ke Ponorogo.

“Ini merupakan instruksi dari bupati untuk menggelar reyog setiap tanggal 11 ditiap bulannya, untuk menarik wisatawan berkunjung di Ponorogo,” ungkapnya, Kamis,(11/07).

Riyadi juga menambahkan di desa Kalimalang pemain hingga pengrawitnya masih terbilang usia anak-anak. Karena ini sebagai wujud kita sebagai masyarakat Ponorogo untuk melestarikan seni budaya reyog.

“Semua pemain dan pengrawitnya masih duduk di bangku SD untuk yang reyog festival, ini wujud kami selaku masyarakat Ponorogo harus tetap melestarikan seni budaya Ponorogo,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dalam kunjungannya ke desa Kalimalang mengungkapkan dia bersama tim memonitor seluruh desa yang menggelar pagelaran reyog serentak dan melihat langsung ternyata antusiasme masyarakat luar biasa.

“Waktu saya ke beberapa desa melihat langsung antusias warga yang luar biasa, menurut saya ini harus kita lestarikan dan kita lanjutkan gelar reyog ditiap desa ini,” pungkasnya.

Dalam pelaksaannya pagelaran reyog tersebut, ternyata mampu menarik minat para wisatawan tak hanya dosmetik, tetapi wisatawan Mancanegara. Terlihat di pertunjukan reyog yang digelar di desa Kalimalang ternyata penontonnya ada yang berasal dari luar Indonesia.


Niklas Sjogren, warga negara Swedia mengatakan dirinya baru pertama kali melihat kesenian reyog langsung di tempat asalnya, sebelumnya dua kali ia pernah melihat tetapi di luar Ponorogo. Untuk acara hari ini tadi dirinya di beri tahu teman kalau di Ponorogo ada pagelaran reyog serentak.

“Ini tadi saya mengajak anggota keluarga saya ke Ponorogo untuk menyaksikan reyog langsung, dan sangat senang mereka,” ungkapnya

“Nanti saya akan ajak teman-teman disana untuk ke Ponorogo menyaksikan pertunjukan reyog langsung di Ponorogo,”Imbuhnya.




Dilansir dari : https://ponorogo.go.id

IKLAN

Recent-Post