Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

DLH Kota Madiun Olah Sampah Jadi Berkah

     TBM KRIDHARAKYAT, MADIUN - Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus berinovasi menjadikan sampah sebagai berkah yang memiliki nilai ekonomi. Di Kota Madiun, sampah yang menumpuk di TPA Winongo telah diolah menjadi gas metan yang manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat.


     Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan limbah DLH Kota Madiun, Aang Mahendara Budiono mengatakan, hal itu sebagai salah satu wujud memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap 21 Februari. Pada momentum tersebut, ia juga mengajak masyarakat untuk aktif membuang sampah atau limbah di TPS masing-masing.
     “Terkait HPSN, kita sudah melakukan pemanfaatan sampah. Kalau dulu sampah itu jadi momok, sekarang tidak jadi momok lagi,” katanya, Kamis (20/2/2020).
      Aang menjelaskan, di Kota Madiun sampah yang berhasil dikumpulkan petugas kebersihan setiap harinya mencapai 120-125 ton. Jumlah itu meningkat dari biasanya 115 ton per hari. Sampah tersebut berasal dari rumah tangga maupun sejumlah perusahaan, perhotelan maupun dari sejumlah fasilitas umum di wilayah Kota Madiun.
      Dari jumlah sampah yang dihasilkan, 40 persennya merupakan sampah plastik. Aang menegaskan, sampah tersebut sebagian juga diolah untuk pupuk kompos. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai mandi sauna. (RRI/AS)



IKLAN

Recent-Post