Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Bupati H. Ipong : Banyak Anggaran Tersedot ke Covid-19

TBM KRIDHARAKYAT, PONOROGO - Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni meminta pada masyarakat Kabupaten Ponorogo untuk bersabar bila menemui kenyataan adanya penundaan dan pembatalan pembangunan fisik maupun non-fisik oleh pemerintah pada 2020 ini. Sebab, saat ini banyak dana pemerintah yang harus dialihkan ke penanganan covid-19. 


“PANDEMI ini memang menyedot perhatian, pemikiran dan juga dana dalam penanggulangannya. Baik untuk melakukan penanggulangan korban secara medis maupun penanggulangan berbagai akibat covid-19 secara sosial dan ekonomi”, jelas Bupati Drs. H. Ipong Muchlissoni, Jumat 22 Mei 2020.
MENURUT orang nomor satu di Kabupaten Ponorogo tersebut, secara medis, penanggulangan covid-19 banyak tersedot untuk pengadaan alat pelindung diri atau APD tenaga kesehatan sampai perawatan pasien. Sedangkan secara sosial ekonomi banyak anggaran tersedot untuk pemberikan bantuan sosial kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak adanya pandemi covid-19. “Saya minta masyarakat bersabar. Mungkin ada pembangunan yang tertunda jaid tahun depan. Atau mungkin malah ada kegiatan yang dibatalkan. Terutama di desa-desa ya, sebab instruksi Kemendes menyatakan, pemerintah desa harus menyisihkan dana desa sebesar 25 persen untuk penanggulangan covid-19 ini,” kata Bupati Drs. H. Ipong Muchlissoni.
SELANJUTNYA dikatakan, sebenarnya penyisihan anggaran dari desa ini tergolong lebih kecil dibanding penyisihan yang dilakukan oleh Pemkab Ponorogo maupun pemerintah pusat. “Pemerintah RI harus memotong total biaya pembangunannya sekitar 40 persen. Kita, Pemkab Ponorogo, memotong sampai 50 persen. Jadi kalau ada yang batal atau tertunda pembangunannya atau kegiatannya harap bersabar. Hal ini bukan hanya terjadi di desa kita, atau kabupaten kita. Tapi di seluruh dunia,” ungkapnya.
SELAIN itu lanjut Bupati Drs. H. Ipong Muchlissoni saat ini seluruh negara di dunia juga mengalami pelambatan ekonomi akibat adanya pandemi covid-19. “Tips untuk menghadapi kondisi ini adalah mari kita bersabar,” kata Bupati Drs. H. Ipong Muchlissoni sebagaimana diinformasikan Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. (WAHYU/MIL)

IKLAN

Recent-Post