Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Kelompok Tani Mekar Sari Desa Kenongorejo Bangun JITUT

TBM KRIDHARAKYAT,  KABUPATEN MADIUN –  Air merupakan salah satu faktor penentu (determinan) dalam proses produksi pertanian. Oleh karena itu investasi irigasi menjadi sangat penting dan strategis dalam penyediaan air untuk pertanian.

Afandi, Ketua Klomtan Mekar Sari, Ds. Kenongorejo

DALAM memenuhi kebutuhan air untuk berbagai keperluan usaha tani, maka air harus diberikan dalam jumlah, waktu dan mutu yang tepat.  Jika tidak, pertumbuhan tanaman akan terganggu akibat tidak adanya sumber kebutuhan tanaman yaitu berupa air.
  

GUNA mengembalikan/meningkatkan fungsi dan pelayanan irigasi seperti semula sekaligus untuk menambah luas areal pelayanan, Kelompok Tani “Mekar Sari’ Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng  mulai 1 Juni 2020 lalu melakukan pembangunan jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT) sepanjang 261 meter di lokasi persawahan desa.


MENURUT Ketua Kelompok Tani "Mekar Sari"  Afandi, anggaran yang digunakan untuk pembangunan tersebut berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Madiun  tahun 2020 sebesar Rp. 88 juta.
  

“PROGRAM JITUT (Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani)  ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Jaringan irigasi tingkat usaha tani sehingga dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi. Selain itu juga untuk meningkatkan perluasan areal tanam, indek pertanaman dan produktivitas, serta membangun rasa memiliki terhadap jaringan irigasi yang telah direhabilitasi”, jelas Afandi. 


DENGAN program JITUT ini,  lanjut Afandi, beberapa  masalah yang timbul di persawahan Kelompok Tani "Mekar Sari" Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng pada saat ini  diantaranya, menumpuknya endapan yang menghambat aliran air, tanggul irigasi juga banyak yang jebol karena dilobangi tikus, atau sebab lain sehingga aliran air menyebar keluar dari jalur irigasi, akibatnya debit air berkurang sangat banyak tidak bisa sampai ke hilir, gulma juga tumbuh secara liar sehingga menutupi saluran irigasi yang menyebabkan aliran air tidak lancar, serta tumpukan sampah yang dibuang secara sembarangan oleh warga sekitar memperparah kerusakan saluran irigasi akan dapat diatasi dengan baik. (SAIFUL ARIF).

IKLAN

Recent-Post