Berita Utama

[News][bleft]

Sari Berita

[Sekilas][twocolumns]

Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI Ke 78, Pemkab Madiun Beri Penghargaan


MADIUN (KORAN KRIDHARAKYAT.COM)
– Ribuan Guru di Kabupaten Madiun berkumpul untuk mengikuti Upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023 di GOR Pangeran Timoer Caruban. Kegiatan tersebut dirangkai dengan peringatan HUT ke-78 PGRI.

UPACARA peringati HUT Guru dan PGRI yang dipimpin oleh Penjabat (PJ) Bupati Madiun, Ir Tontro Pahlawanto, menjadi momentum penting dalam mengeksplorasi visi baru dalam dunia pendidikan.



DALAM sambutannya PJ Bupati Madiun menyampaikan, pesan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengenai kurikulum merdeka. Konsep kurikulum ini memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru untuk menyelaraskan materi pembelajaran dengan kebutuhan dan potensi siswa, sembari memajukan keterampilan abad ke-21 seperti kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis. “Kurikulum merdeka ini menjadi tonggak peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, mencetak lulusan yang siap menghadapi dinamika masa depan. Saya mengajak seluruh guru untuk mendukung dan menerapkan kurikulum merdeka ini dengan semangat dan kreativitas,” ujar PJ Bupati Madiun.

PJ Bupati Madiun, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun Dra. Siti Zubaidah, MH, turut memberikan penghargaan kepada siswa-siswa berprestasi di berbagai aspek, termasuk akademik dan non-akademik.



PENGHARGAAN ini menjadi bentuk apresiasi dan motivasi bagi para siswa yang telah mengharumkan nama Kabupaten Madiun tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional. “Kami bangga dan berterima kasih kepada para siswa yang telah menorehkan prestasi luar biasa. Harapan kami, penghargaan ini akan menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus berkarya dan belajar. Selamat Hari Guru Nasional juga kami sampaikan kepada para pendidik yang telah berdedikasi dalam mencerdaskan anak bangsa,” ujar PJ Bupati Madiun.

KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Madiun Dra. Siti Zubaidah, MH usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa Konsep pendidikan itu memang diciptakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah air. Hal itu sejalan dengan tema peringatan HGN 2023 ‘Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar’. ‘’Bersamaan HGN, kami ingin para guru senantiasa berjuang memberikan pendidikan ke anak-anak karena generasi ini nantinya yang membawa Indonesia ke masa kejayaannya,’’ tuturnya.

PERINGATAN HGN 2023 dan HUT ke-78 PGRI berlangsung meriah. Puncaknya, penampilan tari solah kampung pesilat yang dibawakan secara masal oleh 100 guru mulai jenjang kelompok bermain (KB) hingga SMP. Pun dengan 500 siswa SMP sejumlah sekolah se-Kabupaten Madiun. ‘’Gerak tari dan kesenian pencak silat ini melambangkan semangat merajut kebersamaan agar terciptanya kerukunan dalam mewujudkan Kabupaten Madiun yang amanah, aman, mandiri, sejahtera, dan berakhlak,’’ bebernya.

TIDAK hanya dihadiri 1.158 guru dan siswa, tapi juga 1.400 penampil dan 321 tamu undangan meliputi Pj Bupati Tontro dan jajarannya, Kacab Dindik Jatim, Kepala Kemenag, pengurus organisiasi kependidikan se-Kabupaten Madiun. ‘’Lebih dari dua ribu orang hadir dalam rangka kegiatan HGN ini,’’ tuturnya. (KR- Agung M/ADV)

 

IKLAN

Recent-Post